Niatlah atas nama Allah

Suatu Kebaikan menjadi bernilai bila dilakukan dengan ikhlas, dan akan menjadi celaka bila dilakukan dengan pamrih, Fastabiqul Khoirot - Berlomba-lombalah dalam kebaikan dengan niat karena Allah

Friday, February 24, 2012

Dua Karang Taruna Diakseskan Dana UEP Peternakan

RANDUDONGKAL - Dua Karangtaruna di Kecamatan Randudongkal diajukan ke tingkat propinsi Jawa Tengah untuk mendapatkan dana Usaha Ekonomi Produktif (UEP) tahun 2012. Hibah tersebut diarahkan pada bidang peternakan kambing.
TKS (Tenaga Kerja Sosial) Kecamatan  Randudongkal ditunjuk Dinsosnakertrans Kabupaten Pemalang untuk menentukan beberapa karangtaruna yang  layak mendapatkan UEP Peternakan. Kebetulan program ini juga merupakan instruksi dari Dinsos Semarang.
Dengan arahan tersebut, TKSK menyediakan dua calon karangtaruna penerima Hibah. Dua calon penerima tersebut antaralain AKEMA (atas kemauan bersama) dari Desa Penusupan dan Tunas Jaya dari Desa Semingkir.
Menurut TKSK Randudongkal, Muhidin, S.Ag, karangtaruna AKEMA sudah memiliki peternakan yang berjalan bahkan berkembang. Lain dengan Tunas jaya yang masih dalam tahapan rencana. Sehingga untuk diusulkan yang paling siap dari dua Karangtaruna tersebut adalah  AKEMA Desa Penusupan.
 “Jumlah dana UEP sebesar Rp 15 juta rupiah natinya diberikan berwujud uang tetapi untuk dibelikan kambing,” ujarnya.
 Selain itu yang menjadi pertimbangan ditunjuknya Akema adalah karena sebelumnya akema sempat medapatkan dana serta sukses mengelolanya. Karang taruna yang diketuai Agus Toni, S.Hi pernah mendapatkan dana ROK (olahraga dan kesenian). Pada kesempatan itu dana yang turun tersebut dialokasikan kepada pembelian rebana dan perlengkapan sepakbola. Kekurangan dari pembelian alat-alat tersebut kemudian ditalangi oleh karangtaruna sendiri.
“Dari referensi ROK ini, Akema akhirnya dinominasikan sebagai penerima hibah dari Dinsos Jateng ini,” ungkapnya
Saat ini Akema sudah mengelola tiga peternakan yaitu lele, kelinci dan kambing. Sebagai tempat berkumpul anggotanya, Akema menjadikan Balai Desa sebagai Secretariat.
Jika karangtaruna Akema nantinya mendapatkan dana UEP yang dialokasikan dari APBD I, nantinya untuk menunggu kesiapannya, Karangtaruna Tunas Jaya akan diakseskan ke dana-dana di APBN.

Bagaimana Karang Taruna Limbangan?



No comments:

Post a Comment

Mohon tinggalkan pesan, kritik yang membangun agar Blog ini dapat bermanfaat. Terima Kasih